Al Habib Muhammad Thohir



Shohibul Langgen
Al Habib As Sayyid Muhammad Tohir Al Ba’bud

Teman-teman MAJLIS BOMBONGAN kami ingin bertanya?: Tahukah anda nama yang dipakai desa kita?


Benar jika anda menjawab Langgen, tapi tahukah anda asal usul nama desa Langgen? nama tersebut ternyata di ambil dari nama seorang Habib cucu baginda Nabi agung Muhammad SAW yaitu Al Habib Muhammad Tohir Al Ba’bud yang berasal dari Negara Malaya (yang sekarang malaisia) daerah Johor Baru. 


Beliau Al Habib Muhammad Tohir Al Ba’bud adalah shohibul Langgen beliau datang ke Indonesia untuk berdakwah menyebarkan agama Islam khususnya di daerah Tegal, beliaulah pembabat tanah yang ada di desa kita. Sehingga nama desa kita di ambil dari nama beliau.


Terus bagimana nama al Habib Muhammad Tohir Al Ba’bud mendapat julukan Mbah Langgen. Beliau al Habib Muhammad Tohir dikenal orang yang sangat tekun dalam beribadah (Istiqomah) atau dalam bahasa jawa Langgeng, nah….. teman-teman dari kepribadian beliaulah nama tersebut dipakai untuk nama desa dan sebenarnya nama desa kita adalah desa Langgeng yang pada akhirnya pelafalannya atau pengucapannya menjadi Langgen. Jadi desa kita ini berasal dari nama seorang habaib keturunan dari Rasulullah SAW yang telah berjuang di desa Langgen dan sekitarnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Habaib dan Ulama Tegal

Wali Songgo dan pendahulunya

wahabi